ABSENSI 1

E-Absensi Online + GPS

Perkembangan teknologi mobile saat ini telah mencapai taraf yang sangat pesat jika dibandingkan dengan keadaan satu decade lalu. Sejalan dengan perkembangan tersebut, keberadaan mobile device sudah semakin menyatu dengan kehidupan personal manusia. Salah satu bentuk perkembangan tersebut adalah kemudahan seseorang untuk memperoleh data-data posisi spasial orang lain. Hal ini dimungkinkan karena secara langsung atau pun tidak langsung mobile device yang dibawa oleh seseorang dapat menjadi sebuah pemancar keberadaan orang tersebut. Salah satu teknologi mobile yang memanfaatkan data spasial / ruang sebagai factor penunjang utamanya adalah Location Based Service.

Perkembangan IT di era globalisasi ini menjadi salah satu hal yang sangat berharga bagi perusahaan atau instansi. Dengan pemanfaatan IT oleh perusahaan akan membantu organisasi tersebut dalam menangani informasi dalam jumlah besar, bersaing dalam persaingan bisnis ,dan akhirnya menjadi perusahaan atau instansi yang sukses.Tetapi tidak semua struktur organisasi dan kebijakan yang digunakan oleh instansi swasta maupun

pemerintah sama. Setiap instansi mempunyai struktur organisasi dan kebijakan yang berbeda, sehingga sebuah teknologi informasi yang digunakan oleh instansi satu tidak dapat digunakan oleh instansi yang lainnya. Hal ini memperkecil daya guna dari sebuah teknologi informasi yang ada.

Dalam mengelola informasi dalam jumlah besar ,diperlukan system informasi yang efektif oleh perusahaan. Salah satunya dalam mengelola informasi sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan tersebut. Informasi mengenai sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan guna menunjang kinerja sumber daya manusia tersebut dan juga menunjang kinerja perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang mempunyai hubungan kerjasama dengan perusahaan yang lainnya yang berada di luar kota, sehingga perlu mengirimkan karyawannya ketempat perusahaan yang lainnya tersebut , dalam mengelola informasi sumber daya manusianya tentu mengalami kesulitan, terutama dalam informasi kehadiran atau absensi. Karena perusahaan tidak bias mengetahui posisi dari karyawan

tersebut. Sehingga membutuhkan sistem absensi yang mempunyai mobilitas tinggi.

Seiring dengan perkembangan perangkat mobile yang pesat, salah satunya adalah  smartphone. Handphone yang sedianya sebagai alat komunikasi, saat ini sudah lebih darifungsi dasarnya. Berbagai macam fitur telah ditanamkan, seperti pengolah gambardan video, pengolah dokumen, Global Positioning System dan lain sebagainya. Hal ini tak lepas dari penggunaan Sistem Operasi pada Handphone. Layaknya pada komputer, Handphone pun dapat di instal berbagai macam aplikasi yang diinginkan

Aplikasi E-Absensi Online, bukan hanya sekedar mampu membuat proses absensi secara mobile. Namun aplikasi ini juga sangat cocok digunakan untuk memonitoring karyawan yang bekerja secara mobile ataupun pekerja lapangan. E-Absensi Online merupakan aplikasi yang dapat membuat proses absensi cukup dengan smartphone pribadi milik pekerja saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

T!ENTANG APLIKASI E-ABSENSI ONLINE DMI

Sistem ini dapat bekerja karena Aplikasi ini menerapkan teknologi GPS, sehingga ketika sensor GPS yang ada dalam HP berada dilokasi yang sudah ditentukan, barulah aplikasi dapat bekerja untuk memproses absensi.

Salah satu fitur yang paling bermanfaat, selain dapat memproses absensi berdasarkan lokasi adalah Fitur Realtime Monitor. Fitur Realtime Monitor ini mampu memonitoring keberadaan pekerja lapangan anda, atau pekerja yang sedang dalam perjalanan dinas dimanapun berada. Fitur ini memanfaatkan teknologi global positioning system (GPS) dan MAP Digital untuk melacak keberadaan pekerja anda. Ketika fitur ini diaktifkan, anda bisa melihat setiap rute yang dilewati pekerja lapangan anda.

Selain Fitur Realtime Monitor, anda juga bisa menggunakan Fitur Take Picture atau ambil foto untuk proses verifikasi absensi. Fitur ini digunakan agar setiap kali pekerja melakukan proses absensi check-in dan check-out, pekerja harus menfoto dirinya atau sekitarnya agar semakin jelas lokasi keberadaannya. Fitur take picture boleh digunakan ataupun tidak, semua tergantung kebijakan perusahaan anda.

Dengan Aplikasi DMI ini, proses absensi akan lebih praktis dan meminimkan tindakan penipuan. Selain itu, dengan adanya fitur trackingpun proses pengawasan dan monitoring pekerja dilapangan jauh lebih mudah, sehingga akan memaksimalkan kinerja pekerja tersebut. Setelah anda menggunakan Aplikasi DMI, proses evaluasi pekerja lapangan juga akan lebih akurat, karena akan semakin banyak hal yang dapat menjadi penilaian.

Sistem absensi yang baik dan tepat guna adalah langkah awal untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan karyawan, sehingga dapat mendorong proses bisnis perusahaan. Maka dari itu jangan pernah remehkan permasalahan ini dan penggunaan teknologi terutama GPS dan internet merupakan solusi terbaik dan wajib anda pilih.

FITUR E-ABSENSI ONLINE DMI

 

Cloking untuk masuk / mulai kerja

 

 Tingkatkan validasi dengan selfi

 

 Clocking ketika mulai perjalanan dinas

 

 Clocking ketika akan memulai istirahat

 

 Daftar Tugas

 

 Pengajuan Klaim

 

 Pengajuan Absensi

 

 Payroll

 

  • FITUR PENDUKUNG LAINNYA

Manajemen profil perusahaan. Assessment untuk karyawan. Multi Cabang, Departemen, Divisi dan Jabatan. Hak akses admin dapat didelegasikan kepada karyawan untuk mengelolanya.

/ Artikel

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Yanıtla

Your email address will not be published. Required fields are marked *